Thursday, December 22, 2016



KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat  karunia dan rahmat-Nya sehingga sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal manajemen  ini  dengan baik dan lancar.
Proposal ini merupakan bentuk tugas Mata Kuliah Kewirausahaan sebagai salah satu penilaian terhadap proses pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan jurusan Iilmu Gizi Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul
Proposal ini tidak dapat tersusun dengan baik tanpabantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing Kewirausahaan. Semoga budi baik dan jasa-jasa beliau akan mendapatkan balasan yang baik dari Tuhan Yang Maha Esa.
Meski dalam penyusunan proposal ini. Penulis telah berusaha dengan maksimal, namun penulis masih merasa memiliki kekurangan dalam proposal ini, maka dari itu penulis meminta kritik dan saran pembaca proposal ini. Kami berharap proposal ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya 






                                                                                                Jakarta, 22 Desember 2016

                       


                                                     Andriana Desvita Razak









DAFTAR ISI

Kata pengantar.. ………………………………………………………………………....2
Daftar isi …………………………………………………………………………………3
BAB I. PENDAHULUAN ………………………………………………………………4
I. A           Latar belakang …………………………………………………………….. 4
I. B            Visi ………………………………………………………………………....4
I. C            Misi ………………………………………………………………………...4
I. D           Tujuan ………………………………………………………………...........5
BAB II METODE PELAKSANAAN …………………………………………………...6
II. A        Analisa pasar ……………………………………………………………... 6
II. B         Keunggulan layanan dan produk yang lain …………………………….....6
II. C         Strategi harga pasar …………………………………………………….... 6
II. D        Analisa produk ……………………………………………………………6
 II. E         Strategi produksi ………………………………………………………….. 7
 II. F          Analisa lingkungan bisnis …………………………………………………7
BAB III TARGET DAN BIAYA …………………………………………………….. .10
III. A     Target atau segmen pasar yang dituju …………………………………......10
III. B      Kebutuhan dana ………………………………………………………......10
BAB IV PENUTUP ………………………………………………………………….. ....14










BAB I
PENDAHULUAN
I. A.          Latar belakang
DI zaman yang semagkin modern ini, kebutuhan akan fashion-fashion yang simple, rapih, cantik, anggun  dan menarik hati sangan dibutuhkan dimasyarakat. Khususnya bagi kalangan wanita, bagi sebagian besar wanita menganggap fashion itu merupakan suatu kebutuhan yang harus terpenuhi  agar  tidak dianggap ketinggalan zaman sama orang lain, oleh sebab itu saya ingin mendirikan suatu usaha yang dapat memenuhi kebutuhan  fashion di zaman sekarang ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan butik.
Butik merupakan suatu bentuk usaha dalam industry costum made yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang fashion. Bentuk maupun model usaha yang saya upayakan adalah butik yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan dengan memberikan hasil dengan kualitasbagus dan sesuai keinginan pelanggan.
Adapun target pasar usaha ini adalah remaja, wanita karir, dan ibu rumah tangga
Lokasi usaha butik ini sangat strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen karena dekat dengan pusat keramaian, sehingga akan sangat memungkinkan tercapainya target keuntunganI
I. B.          Visi
membuka usaha dalam bentuk butik dengan prospek yang cerah dimasa mendatang dan dikelola secara professional dan mampu mengikuti trend mode yang up to date
I. C.          Misi
1.      Melayani customer dengan jujur, tepat waktu, dan tanggung jawab.
2.      Memberikan pelayanan dengan kualitas bagus.
3.      Mengelola butik dengan professional.

 I. D.         Tujuan
1.      Memberikan layanan jasa atau produk kepada masyarakat dalam bidang fashion
2.      Menciptakan lepangan kerja baru




BAB II
METODE PELAKSANAAN
II. A        Analisa Pasar
Kaum wanita adalah insane yang mempunyai daya tarik sangat tinggi (konsumtif) terhadap hal-hal yang berhubungan dengan penampilan, dengan adanya orang-orang konsumtif berarti keuntungan bagi usaha produksi. Modiste ini berada di daerah kecamatan sehingga pelanggan pun akan terus meningkat serta lokasinya sangat mudah di akses karena berdiri dipinggir jalan raya

II. B         Keunggulan Layanan dan Produk Yang Dimiliki
 1.      Jahitan rapih dan kuat.
2.      Pelayanan yang ramah dan menyenangkan.
3.      Bahan baku bermutu.

II. C        Strategi Harga Pasar
Harga yang ditawarkan bervariasi & relative murah dengan harapan dapat dijangkau oleh semua kalangan, terutama kalangan ekonomi kelas bawah. Harga yang ditawarkan sangat kompetitif dan bersaing dengan tempat-tempat lain.

II. D        Analisa Produk
o   Membuat pola/memecak pola.
o   Memotong kain .
o   Mengobras kain .
o   Menjahit kain .
o   Membuat lubang kancing.
o   Menghias kain .
o   Memasang kancing.
o   Pressing & packing.
Keunggulan proses yang dimiliki menggunakan teknologi high speed.

II. E         Strategi Produksi
Target dari pendirian butik ini adalah wanita yang mungkin tertarik dan dating ke butik kemudian memesan atau membeli produk kami.
Promosi dilakukan dengan cara:
         Penyebaran brosur ditempat umum.
         Personal selling, member contoh baju hasil produksi kami kepada calon pelanggan.
         Melakukan promosi lewat internet
II. F         Analisa Lingkungan Bisnis

STRENGTH (KEKUATAN)
1.      Produk
a.       Harga jual
b.      Mutu produk
c.       Desain Prosuk
d.      Perlengkapan tambahan
Memberikan harga jual yang cukup terjangkau dan dengan bahan baku yang lebih unggul serta desain yang disesuaikan dengan trend/ mode yang berlaku.
2.      Pelayanan Pelanggan
a.       Keramahan pelayanan
b.      Pelayanan purna jual
c.       Bila ada barang yang rusak / cacat butik kami bersedia memberikan ganti.
3.      System Manajemen
a.       System Pembukaan
b.      Sistem Administrasi
Lengkapnya data keuangan dan pelanggan memudahkan pengelola mengontrol kinerja usaha yang dirintis dalam mencapai tujuan
4.      Produksi
a.       Biaya Produksi
b.      Kemampuan pemenuhan order
c.       Fasilitas produksi
Rensahnya biaya produksi dan pemakaian mesin high speed dalam produksi.
5.      Teknologi
a.       Menggunakan teknologo modern
b.      Menggunakan teknologi high speed

WEAKNESS (KELEMAHAN)
1.      Fungsi Pemasaran
a.       Promosi dan iklan
b.      Saluran distributor
Kurangnya strategi pemasaran dan lemahnya saluran distribusi membuat produktifitas dan mesin tidak bermanfaat.
2.      System Manajemen
a.       Mengimplementasi system manajemen
System manajemen yang lemah menyebabkan pengelolaan manajemen tidak maksimal.
3.      Produksi
a.       Perencanaan produksi
b.      Kapasitas produksi
Kapasitas mesin tidak diiringi dengan kemampuan menciptakan pasar.
4.      Manfaatkan Teknologi Informasi
a.       Pemahaman manfaat teknologi informasi
Adanya fasilitas teknologi informasi yang lengkap dapat digunakan dengan baik untuk mengembangkan usaha.
OPORTUNITIES (PELUANG)
1.      Persaingan
a.       Persaingan usaha jenis
b.      Persaingan untuk prodk substitusi
Tingkat persaingan yang rendah membuat usaha modiste ini mempunyai prospek yang cukup cerah dimasa mendatang.
2.      Bahan Baku
a.       Mutu bahan baku
Mutu bahan baku diatas pesaing
THREATS (TANTANGAN)
1.      Persaingan
a.       Produk Import
Rendahnya daya beli masyarakat membuat produk import menjadi disenangi, ditunjang mutu dan kerapian jahitan yang cukup tinggi dan harga yang murah.
2.      Permodalan
a.       Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
b.      Kemudahan mendapat pinjaman
Ketidakmampuan mengakses sumber-sumber permodalan membuat sulitnya mendapat pinjaman

BAB III
TARGET DAN BIAYA

III. A   Target Atau Segmen Pasar Yang Dituju
Gambaran karakteristik pembeli / pelanggan
1.       Pembeli individu
2.       Keluarga
3.       Distributor

III. B       KEBUTUHAN DANA (INITIAL COST)

1.      Biaya Awal Kebutuhan

a.       Kebutuhan Perlengkapan

No
Jenis Barang
Jumlah
Harga Satuan
Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Mesin jahit juki
Mesin obras
Mesin lubang kancing
Dress form
Setrika uap
Papan setrika
Gunting kain
Gunting benang
Meja potong
Hanger
3 buah
1 buah
1 buah
3 buah
1 buah
1 buah
2 buah
3 buah
1 buah
2 lusin
Rp  2.000.000
RP     500.000
Rp  1.000.000
Rp     150.000
Rp  1.000.000
Rp     100.000
Rp       50.000
Rp         5.000
Rp     100.000
Rp       12.000
Rp  6.000.000
Rp     500.000
Rp  1.000.000
Rp     450.000
Rp  1.000.000
Rp     100.000
Rp     100.000
Rp       15.000
Rp     100.000
Rp       24.000
Total
Rp 9.289.000





b.      Kebutuhan Tempat dan Renovasi

No
Jenis Barang
Jumlah
Harga Satuan
Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Sewa tempat 1 thn
Cat
Lampu
Kabel + Plug
Tukang
Etalase
Listrik
Cermin
Kursi plastic
Lain-lain

1 unit
3 unit
2 unit
2 org
1 unit

1 unit
8 unit
Rp  6.000.000
Rp       35.000
Rp         5.000
Rp     100.000
Rp       75.000
Rp     200.000

Rp       50.000
Rp       20.000
Rp  6.000.000
Rp       35.000
Rp       15.000
Rp     100.000
Rp     150.000
Rp     200.000
Rp     200.000
Rp       50.000
Rp     160.000
Rp     200.000
Total
Rp  7.110.000

c.       Rekapitulasi Kebutuhan Total

No
Keterangan
Jumlah
1
2
Kebutuhan Perlengkapan
Kebutuhan tempat dan renovasi
Rp    9.289.000
Rp    7.110.000
Total
Rp  16.399.000

d.      BIAYA OPERASIONAL
No
Jenis Barang
Jumlah
Harga Satuan
1
2
3
4
Biaya pemeliharaan mesin
Biaya listrik
Biaya sewa tempat
Lain-lain

1 bulan
1 bulan
Rp    50.000
Rp    60.000
Rp  500.000
Rp    50.000
Total
Rp  660.000



e.       ESTIMASI PENDAPATAN PER BULAN
Jika perpotongan pakaian dihitung Rp 35.000 Satu pakaian jadi Rp 40.000

No
Jenis Barang
Pesan Produksi
Total
1
2
Pemasukan 30 hari
Pengeluaran
30 potong+ 4 pakaian jadi
Rp    1.200.000
Rp       660.000
Laba
Rp       540.000

Persentase keuntungan dengan kepemilikan saham Rp 4.000.000 adalah
10%. Jadi 10% x Rp 540.000 = Rp 54.000


No
Jenis Barang
Jumlah
Total
1
2
Pemasukan 30 hari
Pengeluaran
65 potong + 5 pakaian jadi
Rp   2.475.000
Rp      660.000
Laba
Rp   1.815.000


No
Jenis Barang
Jumlah
Total
1
2
Pemasukan 30 hari
Pengeluaran
60 potong + 10 pakaian jadi
Rp   2.500.000
Rp      660.000
Total
Rp   1.840.000


No
 Jenis Barang
Pesanan Produksi
Total
1
2
Pemasukan 30 hari
Pengeluaran
50 potong + 10 pakaian jadi
Rp   2.150.000
Rp      660.000



Rp   1.490.000







f.       ASPEK KEUANGAN
Bulan
Peroduksi Pesanan
Pakaian Jadi
Jumlah hari
Pendapatan Bruto
Biaya Operasional
Pemasukan
1
30
4
30
Rp 1.210.000
Rp 660.000
Rp    550.000
2
65
5
30
Rp 2.475.000
Rp 660.000
Rp 1.815.000
3
60
10
30
Rp 2.500.000
Rp 660.000
Rp 1.840.000
4
50
10
30
Rp 2.150.000
Rp 660.000
Rp 1.490.000
5
60
10
30
Rp 2.140.000
Rp 660.000
Rp 1.480.000
6
60
8
30
Rp 2.420.000
Rp 660.000
Rp 1.760.000
7
60
8
30
Rp 2.420.000
Rp 660.000
Rp 1.760.000
8
55
8
30
Rp 2.245.000
Rp 660.000
Rp 1.594.000
9
50
8
30
Rp 2.070.000
Rp 660.000
Rp 1.410.000
10
50
10
30
Rp 2.150.000
Rp 660.000
Rp 1.490.000
11
60
10
30
Rp 2.140.000
Rp 660.000
Rp 1.480.000
12
65
10
30
Rp 2.675.000
Rp 660.000
Rp 2.015.000
Total keuntungan setahun
Rp 31.374.000



















BAB IV
PENUTUP
                                                                                                           

IIII. A              KESIMPULAN

             Dengan selesainya penyusunan proposal usaha ini saya dapat menarik kesimpulan bahwa dalam pembuatan/penyusunan proposal usaha hendak nya kita harus mengumpulkan data-data yang valid dan selengkap mungkin agar dalam penyusunan proposal usaha kita tidak mengalami kesulitan.Dan dengan ada nya tugas penyusunan proposal ini saya dapat mengetahui cara mengelola usaha Butik fashion dengan baik

IIII. B               SARAN

             Semoga proposal ini dapat memberi motivasi wirausahawan baru untuk mendirikan usaha dan lebih kreatif Untuk membuka usaha baru yang mempunyai masa depan bagus. Jaga kualitas fashion Harus menerima kritik dan saran dari orang lain dengan lapang dada,karena hal itu dapat membangun serta menyukseskan usaha kita Jangan mudah menyerah dalam mendirikan usaha dan harus tekun serta gigih dalam bekerja Belajar lah dari kesalahan dan kegagalan


No comments:

Post a Comment